Detail Cantuman

HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI KLINIK BAITURRAHMAN

HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI KLINIK BAITURRAHMAN


Kepuasan pasien merupakan cerminan dari kualitas pelayanan yang diberikan. Menurut
Larasanty, perlu dilakukan evaluasi mutu pelayanan pada proses pelayanan
kefarmasian di era JKN melalui survei kepuasan pasien. Klinik Pratama merupakan
salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam sistem JKN. Untuk meningkatkan
kualitas pelayanan kefarmasian di klinik, terdapat beberapa indikator atau standar
evaluasi yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Permenkes Nomor 34 Tahun 2021,
salah satunya yaitu lama waktu pelayanan resep. Tujuan pada penelitian ini yaitu
mengetahui tingkat kepuasan, waktu tunggu pelayanan resep, dan mengetahui korelasi
antara waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien di Instalasi Farmasi
Klinik Baiturrahman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan
pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 96 responden dengan teknik
quota sampling. Instrumen yang digunakan berupa jam digital untuk mengukur waktu
tunggu pelayanan resep yang dimulai pada saat pasien menyerahkan resep hingga
mendapatkan obat, serta kuesioner yang diberikan setelah pasien mendapatkan obat.
Hasil menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Klinik
Baiturrahman sudah baik, yaitu sebagian besar pasien merasa puas (46,9%) dan sangat
puas (52,1%). Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk pelayanan resep racikan yaitu
19,61 menit, resep nonracikan yaitu 13,25 menit sudah sesuai standar Permenkes
Nomor 34 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Klinik, serta waktu
tunggu pelayanan resep tidak berhubungan dengan kepuasan pasien di Instalasi Farmasi
Klinik Baiturrahman dengan nilai p = 0,280.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Lubiana Salwaa/24041119075
Pengarang apt. Sitti Fatimah P.H, M.Si - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Apt. Risa Susanti, M.S.Farm. - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Lubiana Salwaa - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Edisi
No. Panggil 0004 LUB 2023
Subyek Waktu Tunggu
Kepuasan Pasien
Pelayanan Resep
Instalasi Farmasi \nKlinik
Klasifikasi 4
Judul Seri
GMD Farmakologi
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas MIPA UNIGA
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Garut
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

apt. Sitti Fatimah P.H, M.Si. (2023).HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI KLINIK BAITURRAHMAN().Garut:Fakultas MIPA UNIGA

apt. Sitti Fatimah P.H, M.Si.HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI KLINIK BAITURRAHMAN().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi

apt. Sitti Fatimah P.H, M.Si.HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI KLINIK BAITURRAHMAN().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi

apt. Sitti Fatimah P.H, M.Si.HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI KLINIK BAITURRAHMAN().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi

 



Homepage

Selamat datang di Online Public Access Catalog (OPAC) Fakultas Mipa Universitas Garut

Layanan Perpustakaan FMIPA UNIGA

Perpustakaan FMIPA UNIGA Repository FMIPA UNIGA Official
Upload Mandiri Tugas Akhir Repository FMIPA UNIGA Official

Alamat

Fakultas MIPA Universitas Garut
Jl. Jati No.33, Jati
Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
E: fmipa@uniga.ac.id

Status Pengunjung Repository

Flag Counter