ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT


Puskesmas merupakan pusat kesehatan tingkat pertama yang didorong untuk terus
meningkatkan kualitas pelayanannya agar tercapai derajat kesehatan masyarakat
yang baik. Dalam menjamin pelayanan kesehatan, diperlukan upaya untuk
meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan termasuk pelayanan kefarmasian.
Kepuasan pasien dapat tercipta melalui pelayanan yang baik oleh para tenaga medis
yang ada di instalasi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Garawangsa
Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan
pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang
berkunjung dan mendapatkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Garawangsa,
dengan sampel sebanyak 96 responden yang diambil menggunakan teknik quota
sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner yang berkaitan dengan
kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang telah dimodifikasi dan
divalidasi. Data yang telah dikumpulkan, kemudian diolah dan dianalisis
menggunakan IBM Statistic SPSS (Stastistical Product and Servicer Solution).
Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian
di Puskesmas Garawangsa Kabupaten Garut menunjukkan bahwa dimensi tangible
(bukti fisik) memperoleh persentase 87,23%, dimensi reliability (kehandalan)
dengan persentase 88,81%, dimensi responsiveness (ketanggapan) 88,70%, dimensi
assurance (jaminan) dengan persentase 86,79% dan dimensi emphaty (empati)
dengan persentase 91,35%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Garawangsa masuk dalam kategori
sangat puas


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Bilkis Nahda Kirana /24041119172
Pengarang apt. Risa Susanti, M.S.Farm - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
apt. Sitti Fatimah, M.Si - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Bilkis Nahda Kirana - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Edisi
No. Panggil 0004 BIL 2023
Subyek Kepuasan Pasien
pelayanan
kefarmasian
Klasifikasi 4
Judul Seri
GMD Farmakologi
Bahasa Indonesia
Penerbit Fakultas MIPA UNIGA
Tahun Terbit 2023
Tempat Terbit Garut
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

apt. Risa Susanti, M.S.Farm. (2023).ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas MIPA UNIGA

apt. Risa Susanti, M.S.Farm.ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi

apt. Risa Susanti, M.S.Farm.ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi

apt. Risa Susanti, M.S.Farm.ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi

 



Homepage

Selamat datang di Online Public Access Catalog (OPAC) Fakultas Mipa Universitas Garut

Layanan Perpustakaan FMIPA UNIGA

Perpustakaan FMIPA UNIGA Repository FMIPA UNIGA Official
Upload Mandiri Tugas Akhir Repository FMIPA UNIGA Official

Alamat

Fakultas MIPA Universitas Garut
Jl. Jati No.33, Jati
Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
E: fmipa@uniga.ac.id

Status Pengunjung Repository

Flag Counter