ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT
Puskesmas merupakan pusat kesehatan tingkat pertama yang didorong untuk terus
meningkatkan kualitas pelayanannya agar tercapai derajat kesehatan masyarakat
yang baik. Dalam menjamin pelayanan kesehatan, diperlukan upaya untuk
meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan termasuk pelayanan kefarmasian.
Kepuasan pasien dapat tercipta melalui pelayanan yang baik oleh para tenaga medis
yang ada di instalasi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Garawangsa
Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan
pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang
berkunjung dan mendapatkan pelayanan kefarmasian di Puskesmas Garawangsa,
dengan sampel sebanyak 96 responden yang diambil menggunakan teknik quota
sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner yang berkaitan dengan
kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang telah dimodifikasi dan
divalidasi. Data yang telah dikumpulkan, kemudian diolah dan dianalisis
menggunakan IBM Statistic SPSS (Stastistical Product and Servicer Solution).
Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian
di Puskesmas Garawangsa Kabupaten Garut menunjukkan bahwa dimensi tangible
(bukti fisik) memperoleh persentase 87,23%, dimensi reliability (kehandalan)
dengan persentase 88,81%, dimensi responsiveness (ketanggapan) 88,70%, dimensi
assurance (jaminan) dengan persentase 86,79% dan dimensi emphaty (empati)
dengan persentase 91,35%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Garawangsa masuk dalam kategori
sangat puas
Detail Information
Citation
apt. Risa Susanti, M.S.Farm. (2023).
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas MIPA UNIGA
apt. Risa Susanti, M.S.Farm.
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi
apt. Risa Susanti, M.S.Farm.
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi
apt. Risa Susanti, M.S.Farm.
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS GARAWANGSA KABUPATEN GARUT().Garut:Fakultas MIPA UNIGA,2023.Farmakologi